Senin, 10 September 2012

" TIPS BELAJAR BAHASA ASING "

1.Tetapkan Tujuan
  Agar lebih memotivasi, kamu perlu mempunyai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Salah satu contoh tujuan jangka pendek adalah bisa berkomunikasi dengan kosa kata yang sederhana.
2.  Siap Bekerja Keras
   Belajar bahasa tidaklah mudah,  Namun tidak banyak yang akan kamu capai apabila tidak berusaha maksimal. Meskipun memiliki guru terbaik di dunia, kemajuan banyak tergantung pada diri kamu sendiri.
3. Nelajar Dengan Menyenangkan
  Belajar apapun kalau berada di situasi yang nyaman pasti akan lebih mudah menyerap ilmunya.. Buatlah tempat belajarmu menjadi se-comfort mungkin.So... kamu menjadi lebih fokus belajar dan lebih mudah mengerti.
4. Belajar Dengan Panduan
   Kalian bisa kok belajar dengan bantuan modul, CD atau DVD. Jadi apa yang kamu pelajari menjadi lebih terarah. Atau dengan ikut les bahasa. Banyak kan lembaga kursus yang dapat dipilih untuk memperlancar bahasa kamu.
5. Konstruksi Pikiran
   Arahkan pikiran terhadap bahasa yang dipelajari. Dengan cara ini,sistematika penulisan, tata bahasa  dan pengucapan tidak akan salah-salah atau tercampur dengan gaya bahasa lainnnya.
6. Banyak-banyak Latihan
   Sering-seringlah berkomunikasi dengan bahasa yang sedang kamu pelajari. Kamu juga bisa berlatih percakapan dengan bule atau ngomong sama teman yang menguasai bahasa yang kalian pelajari itu.
7. Terus Membaca dan Mendengar
   Baca surat kabar asing, buku bacaan, majalah luar negeri atau dengerin lagu, nonton film yang bahasanya tengah kamu pelajari. itu akan melatih indramu membiasakan diri dengan bahasa tersebut.
8. Bertanyakah
   Ingatlah...!!! Kamu bukan sponge busa jadi tidak mungkin menyerap semua yang diajarkan dan tidak mempunyai hal-hal yang ingin ditanyakan. Jangan takut untuk bertanya, baik kepada teman atau guru bahasa di sekolah atau tempat kursus.
9. Bergabung Dengan English Corner
   Beberapa tempat umum seperti toko buku biasanya mempunyai English Corner. jangan malu-malu,bergabunglah bersama mereka . Ajukan pertanyaan, ini merupakan kesempatan bertemu dengan orang-orang yang tertarik untuk belajar bahasa asing seperti kamu.
10. Gunakan Internet
    Internet adalah penemuan yang menakjubkan, yang mengubah cara hidup kita. Meskipun asyik ber-chatting ria di internet, rasanya sia-siabila kamu tidak menggunakan internet untuk belajar bahasa.
11. Chat, Chat, Chat
   Gunakan MSN, Yahoo.! dan program chat lainnya untuk bercakap-cakap dalam bahasa inggris secara online.Coba cari beberapa teman yang berbahasa inggris. Bila mengunakan skype, ajak teman-temanmu juga dan telepon mereka secra gratis melalui komputermu.
12. Jangan Malu-Malu
   Untuk melatih pelafalan, gunakan cermin untuk berlatih membuat bunyi-bunyi yang sulit dalam bahasa inggris. Selain itu coba kamu rekam saat berbicara dan dengarkan setelahnya,perhatikan penekanan,intonasi, dan fonemmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar