Senin, 24 September 2012

TIPS MEMILIKI GIGI SEHAT

1.sikat gigi usai makan

 sikatlah gigi kamu setelah makan, namun akan lebih baik menunggu setidaknya 20 menit. Karena di dalam mulut terdapat saliva ( air ludah) yang bersifat buffer effec. Saat makan, PH normal saliva yang semula 6,8 akan turun hingga mencapai PH kritis,yaitu 4. Bila setelah makan langsung sikat gigi, maka struktur alami saliva akan rusak dan mempengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan.

2. Minimalkan kontak dengan makanan

 prinsip menjajga kesehatan gigi adalah meminimalkan kontak dengan makanan,terutama yang banyak mengandung gula atau asam. Kandungan gula ataupun asam khususnya diminuman soda,minuman energi,jus dan anggur dapat mengikis enamel gigi yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Kalaupun terpaksa minum gunakan sedotan atau segera gosok gigi.

3. Minum air putih

 Minum air putih  (air mineral) bisa membuang bakteri dan sisa makanan dari mulut, air mempunyai PH 7 yang membantu menetralisir kondisi mulut. jadi cara temudah menjaga gigi ,kumur-kumur,minum banyak air putih.

4. Kunyah permen karet 

 Permen karet merangsang ludah yang berfungsi menyingkirkan makanan dan bakteri dari permukaan gigi. pilih permen karet tawar ,khususnya untuk gigi,yang mengandung xylitol yaitu sejenis pemanis yang bisa melawan bakteri pada gigi.

 5. Pakai benang gigi.

 Benang gigi ( dental floss ) membantu menjaga kesehatan gigi, bagian-bagian  gigi yang yang tidak terjangkau sika tgigi, bisa dibersihkan memakai benang gigi. benang gigi juga bisa menghilangkan plak gigi ( karang gigi ).

6. Hindari tusuk gigi.

 Kebiasaan menggunakan tusuk gigi bisa mengakibatkan pelukaan pad gusi  dan akan menimbulakan infeksi.

7.  Pilih sikat gigi

 pilihlah sikat gigi yang berkepala kecil dan bulu-bulu sikat yang lunak. sikat gigi  dengan kepala kecil akan memberikan  efek gerak yang leluasa dalam rongga mulut. bulu-bulu yang lunak akan memberikan rasa nyaman ketika menyentuh gusi.

8. Bersihkan karnag gigi

 membersihkan karang gigi atau scaling akan mencegah penumpukan plak dan karang gigi serta bau mulut. sangat dianjurkan untuk dilakukan minimal 6 bulan sekali karena dari karang gigi yang menumpuk akan timbul 1001 masalah gigi dan rongga mulut.

9. Kawat gigi

 bila gigi crawded alias berjejal,bisa dirapikan dengan menggunakan kawat gigi namun dibutuhkan kemauan yang kuat dan kedisiplinan karena harus rajin kontrol dan juga dana yang lumayan besar.

10. Rutin kontrol dokter

kontrollah kedokter gigi minimal 6 bulan sekali sehingga bila ada kerusakan bisa dideteksi sejak dini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar